Awas! 10 Hal Yang Bisa Membuat Kamu Tidak Sukses

Kesuksesan adalah dambaan setiap orang. Tidak ada seorang pun yang mengharapkan kegagalan terjadi dalam hidupnya. Namun, banyak orang yang belum berhasil mencapai tujuannya. Karena, tanpa disadari orang-orang masih melakukan hal-hal yang salah sehingga membuat mereka menjadi gagal.

Kegagalan bukan hanya tentang karena kekurangan modal, kurang bergaul, kurang pintar. Tetapi, kegagalan juga bisa terjadi karena keselahan dari diri sendiri. Khususnya bagi pebisnis, memang betul jika kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Namun, jika Anda masih melakukan beberapa hal berikut ini, kesuksesan dipastikan akan terus tertunda dan mungkin tak akan pernah tercapai.

10 Hal yang Bikin Anda Jauh Dari Kesuksesan

1. Mudah Iri dengan Orang Lain

Rasa iri dengan orang lain bisa menghambat kesuksesan kita di kemudian hari. Oleh karena itu, kita harus terus fokus dan bersyukur dengan segala hal yang kita miliki. Hindari mengurus urusan orang lain dan ubah perasaan iri tersebut menjadi hal yang bisa memacu kita jadi lebih baik lagi. Karena rasa isi dapat menyebab kan kesehatan mental sehingga menghambat pertumbuhan pribadi.

2. Suka Mebanding-bandingkan

Membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanyalah hal yang membuang waktu Anda. Orang yang sukses tidak akan membandingkan dirinya dengan orang lain, tetapi lebih memilih untuk mengupgrade atau mengembangkan dirinya sendiri sehingga bisa memberikan kualitas dari dirinya sendiri. Karena tidak semua orang itu sama, dan jika terus membandingkan diri Anda dengan orang lain, yang ada Anda malah terjebak sehingga tidak bisa berkembang.

3. Meragukan Diri Sendiri

Banyak orang yang ingin melakukan sesuatu, sebelum melakukannya sudah berpikir pertanyaan yang meragukan diri sendiri. Seperti, “Apa saya bisa?”, “Nanti kalau sulit gimana ?”, “Kalau sudah buat tapi tidak ada yang mau ?”. Banyak sekali pertanyaan yang membuat diri sendiri menjadi meragukan kemampuan kita sendiri. Supaya tidak terjebak dengan self-doubt dan tetap bisa mengembangkan diri, selalu ingat apa saja kesulitan yang sudah kita hadapi, bagaimana cara mengatasinya, serta hal baik apa yang kita dapatkan. Dengan begitu, kita akan tahu kemampuan diri kita dalam menghadapi berbagai hal. Jangan ragu dengan kemampuan diri agar bisa sukses.

4. Takut Mencoba

Dalam melakukan sesuatu, apalagi di dalam bisnis, kita tidak akan luput dari kata kegagalan. Maka, tak jarang kita merasa takut mencoba hal baru karena takut gagal. Padahal perasaan takut itu sebenarnya hanya ada dalam pikiran saja. Bila tidak dilawan, sampai kapan pun kita akan sulit mendapat kesuksesan. Karena dalam menjalani berbagai hal, kita harus berani mengambil kesempatan dan resiko yang akan selalu terjadi dalam hidup. Jadi kita harus bisa melawan ketakutan supaya kalau nanti gagal, paling tidak kita tidak akan pernah menyesal karena sudah mencoba dan melakukan yang terbaik.

5. Suka Menunda Pekerjaan

Bentuk sabotase diri yang bisa menghalangi kita dalam berkembang atau mencapai kesuksesan adalah kebiasaan yang suka menunda pekerjaan. Semakin sering menunda pekerjaan, maka kita juga akan semakin khawatir apakah kita bisa menyelesaikan suatu pekerjaan atau tidak. Hal ini bisa berujung pada penurunan performa kerja. Maka, kita harus bisa melatih diri supaya lebih disiplin. Siapkan daftar pekerjaan yang harus dilakukan dalam sehari. Urutkan berdasarkan prioritas dan coret yang sudah dikerjakan agar kita tahu seberapa banyak yang perlu dikerjakan selanjutnya.

6. Malas

Malas, bukan hanya tentang malas bangun atau malas mandi, tapi malas juga kadang muncul ketika Anda sudah merasa mengetahui sesuatu hal sehingga Anda malas untuk mengulik atau mempelajarinya lagi. Karena Anda tidak akan sukses jika hanya merasa sudah cukup tahu, sehingga Anda berhenti untuk belajar. Seorang pebisnis harus memiliki wawasan yang luas. Anda harus selalu menemukan inspirasi baru untuk dipelajari. Di dunia bisnis, dengan terus-menerus belajar, Anda akan mendapatkan pengetahuan baru yang berguna untuk bisnis Anda. Anda akan memiliki ide-ide cemerlang untuk mengembangkan usaha Anda. Malas sedikit mungkin Anda sudah harus siap untuk di dahului orang yang mau belajar.

7. Bergaul Dengan Orang Yang Salah

Banyak yang mengatakan, tanpa bergaul Anda tidak akan sukses. Memang bergaul dan memiliki banyak koneksi itu diperlukan. Namun, Anda harus lebih selektif. Jangan sampai Anda bergaul terlalu dekat dengan orang-orang yang membawa pengaruh negatif. Karena, pengaruh orang yang membawa pengaruh negatif bisa membuat Anda menjadi negatif juga. Ingat bahwa pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan Anda yang baik. Sehingga lebih baik kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang membawa dampak positif dalam hidup Anda.

8. Tidak Bisa Manajemen Waktu

Pernahkah Anda mendengar, “Telat bangun, rezeki dipatok ayam” ?. Tentu saja orang bisnis akan selalu bangun pagi agar rezekinya tidak dipatok ayam, yang memiliki istilah rezekinya diambil orang lain. Tapi, jangan bangun tidur tanpa tujuan. Orang sukses tahu apa yang ingin dilakukannya setiap hari. Anda pun harus punya daftar rencana harian yang akan dikerjakan. Caranya, dengan melakukan manajemen waktu yang baik. Ada 24 jam dalam sehari. Anda harus mengatur waktu dengan efektif agar hidup Anda jadi lebih produktif.

9. Banyak Bicara, Sedikit Bertindak

Membicarakan tentang rencana Anda terus menerus, tetapi tidak menindak lanjuti rencana tersebut juga tidak berguna. Karena, orang sukses lebih banyak menunjukkan hasil kerja melalui tindakan. Waktu yang mereka miliki tidak akan dibuang hanya untuk berbicara saja, rencana yang di bicarakan pun akan mereka tindak lanjuti agar cepat mendapat apa yang mereka mau. Jadi, Anda pun harus lebih banyak bekerja daripada hanya sekadar berbicara tentang rencana Anda. Sebab orang lain akan lebih respek jika Anda melakukan apa yang Anda katakan. Untuk itu, hindari sikap omong kosong, tapi buktikan bahwa Anda seorang pelaku bisnis yang tidak hanya pandai berencana.

10. Takut Menghadapi Perubahan

Zaman semakin hari semakin berubah dan berkembang. Kebutuhan dan gaya hidup masyarakat cenderung terus berubah, sehingga bisnis Anda harus ada penyesuaian. Karena, dalam mengembangkan bisnis, Anda harus berani beradaptasi dengan perubahan zaman. Dengan melakukan inovasi yang relevan untuk memenuhi kebutuhan konsumen Anda. Jangan takut berubah dan membuat hal yang baru, sehingga bisnis Anda tidak akan jalan di tempat.

Leave a Reply